Aplikasi Pupuk Hayati MaxiGrow pada Kacang Tanah



Tempat yang ideal bagi budidaya kacang tanah adalah daerah ketinggian 50 - 500 m, memiliki curah hujan antara 800 - 1.300 mm/tahun, suhu udara berkisar 28ºC - 32ºC (suhu di bawah 10ºC, pertumbuhan tanaman akan terhambat, bahkan kerdil) dengan kelembaban udara 65 - 75%. Selain itu, sinar matahari penuh dibutuhkan, karena akan mempengaruhi fotosintesa. Hujan yang terlalu keras akan mengakibatkan bunga sulit terserbuki oleh serangga.

Media Tanam

Jenis tanah yang sesuai untuk budidaya kacang tanah adalah tanah gembur / bertekstur ringan dan subur, pH antara 6,0 - 6,5, memiliki drainase dan aerasi yang baik, lahan tidak terlalu becek dan kering, baik bagi pertumbuhan kacang tanah.

Syarat Benih

  • Berasal dari tanaman yang baru dan varietas unggul atau dari balai benih atau penangkar benih yang telah ditunjuk oleh balai sertifikasi benih.
  • Daya tumbuh yang tinggi (lebih dari 90%) dan sehat.
  • Kulit benih mengkilap, tidak keriput dan cacat.
  • Murni atau tidak bercampur dengan varietas lain.
  • Kadar air benih berkisar 9 - 12%.

Pengolahan Lahan

Olah lahan dengan melakukan pembajakan / pencangkulan untuk pembersihan dari segala macam gulma (tumbuhan pengganggu) dan akar-akar tanaman. Buat bedengan ukuran lebar 80 cm, tinggi bedengan 20 - 30 cm, diantara 2 bedengan dibuatkan parit saluran air.

Pada lahan yang bersifat masam, lakukan pengapuran dengan dosis ± 1 - 2,5 ton/ha. Biarkan selama ± 1 bulan. Seminggu sebelum tanam, taburkan pupuk kandang 5 ton/ha, berikan pada permukaan bedengan atau diberikan pada lubang tanam. Kemudian semprotkan larutan pupuk hayati MaxiGrow merata pada bagian permukaan atau lubang yang telah diberi pupuk kandang tadi.

Jarak tanam pada tanaman kacang tanah adalah 40 x 15 cm, 30 x 20 cm atau 20 x 20 cm.

Pemupukan (1 Ha)

Pupuk Kimia
Diberikan seluruhnya pada saat tanam. Jenis pupuk yang digunakan adalah:
  • SP-36 (100 kg/Ha)
  • ZA (100 kg/Ha)
  • KCL (50 kg/Ha)
atau sesuai rekomendasi setempat.

Pupuk Hayati MaxiGrow (1 Ha)
Kecambah telah berumur 2 minggu, berikan larutan pupuk hayati MaxiGrow (2 liter pupuk hayati MaxiGrow : max 200 liter air) pada media tanam di sekitar kecambah. Berikan kembali larutan pupuk hayati MaxiGrow pada umur 50 sampai dengan 55 hari, 3 sampai dengan 4 liter.

No comments:

Post a Comment