Aplikasi Pupuk Hayati MaxiGrow pada Kakao / Coklat



Pohon coklat tumbuh di daerah tropis pada ketinggian 10 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Pohon coklat pada umumnya dapat mencapai tinggi 5 - 6 meter, dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun sejak umur 4 - 5 tahun.

Cara penggunaan pupuk hayati MaxiGrow yang dikombinasikan dengan pupuk kimia pada kakao adalah sebagai berikut:

Persiapan Lahan

Buat lubang untuk bibit tanaman dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm, kemudian masukkan pupuk kandang 20 dan iarkan selama 1 bulan. Kemudian bibit siap untuk dimasukkan dalam lubang tanam.

Tanaman Belum Menghasilkan (Diberikan Mulai 15 HDT)

Berikan larutan pupuk hayati MaxiGrow (1 sampai dengan 2 liter pupuk hayati MaxiGrow : air maksimal 200 liter) pada sekitar pangkal batang, sebanyak ± 1 sampai dengan 2 liter. Ulangi setiap 4 bulan sekali. Pada tahap ini untuk satu aplikasi, pupuk hayati MaxiGrow yang dibutuhkan sebanyak 1 sampai 2 liter per hektar atau per tahun dibutuhkan 4 sampai 6 liter.

Pupuk kimia yang diberikan adalah berupa campuran pupuk:

  • Urea 200 gram
  • TSP 100 gram
  • KCL 75 gram
Atau bisa berupa pupuk majemuk N-P-K-Mg (15-15-6-4) sebanyak 300 gram pohon, berikan di sekitar pangkal batang. Ulangi setiap 6 bulan sekali (sekali di awal musim hujan dan sekali di akhir musim hujan).

Tanaman Sudah Menghasilkan

Berikan larutan pupuk hayati MaxiGrow (2 sampai dengan 3 liter pupuk hayati MaxiGrow : air maksimal 200 liter) sebanyak ± 1 sampai dengan 2 liter pada tiap pohonm berikan di sekitar pangkal batang, ulangi setiap 3 sampai dengan 4 bulan sekali. Pada tahap ini untuk satu aplikasi, pupuk hayati MaxiGrow yang dibutuhkan adalah 3 sampai 4 liter per hektar atau per tahun dibutuhkan 12 sampai 16 liter.

Pupuk kimia yang diberikan adalah berupa campuran pupuk:
  • Urea 500 gram
  • TSP 200 gram
  • KCL 300 gram
Atau bisa berupa pupuk majemuk N-P-K-Mg (15-15-6-4) sebanyak 1 kg pada setiap pohon, berikan di sekitar pangkal batang. Ulangi setiap 6 bulan sekali (sekali di awal musim hujan dan sekali di akhir musim hujan).

No comments:

Post a Comment